Iksan Saranani Apresiasi Polisi di Kendari Sisihkan Gaji Bantu Didik Puluhan Anak Jalanan

  • Bagikan

KENDARI, BKK- Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Iksan Saranani mengapresiasi langkah seorang polisi di Kota Kendari yang rela menyisihkan gajinya untuk membantu mendidik puluhan anak jalanan terlantar.

Adalah Ajun Inspektur Polisi Dua (AIPDA), Madukala Kundoro yang bertugas di Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Baruga dan menjabat sebagai Satuan Unit Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polsek Baruga, Markas Kepolisian Resor Kota (Mapolresta) Kendari.

Menurut Iksan, dirinya salut kepda AIPDA Madukala Kundoro yang tidak pernah jenuh merawat dan mendidik anak- anak jalanan. Dirinya juga menyoroti Pemerintah Kota (Pemkot), Dinas Sosial (Dinsos) Kendari dan Dinsos Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dinilai tidak peduli dengan keberadaan anak jalanan.

Padahal, Pemkot dan lainnya patut hadir memberikan perhatian khusus terhadap kondisi puluhan anak jalanan yang saat ini sudah menjadi binaan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyatakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Baruga Kota Kendari.

“Pemerintah kota Kendari jangan tutup mata soal ini (anak jalanan), apalagi anak ini masih berstatus anak dibawah umur yang dilindungi oleh Undang-Undang (UU) tentang perlindungan anak, sekaligus menjadi tanggung jawab Pemerintah,” ujarnya, Rabu (1/2).

Iksan mengaku sangat prihatin, setelah mengetahui kondisi puluhan anak jalan yang hanya belajar seadanya di salah satu rumah kecil di wilayah Kendari, tanpa adanya uluran tangan dari Pemerintah setempat. 

Apalagi diketahuinya bahwa jumlah anak jalan yang dibina anggota Mapolsek Baruga itu terus bertambah. mirisnya pemerintah seolah menutup mata tentang persoalan ini. 

“Anggota Polisi itu mengaku kepada saya, sudah meminta perhatian Pemerintah setempat, namun tidak ada yang simpati untuk membantu. Kasian anak-anak itu kan. Kita bersyukur masih ada anggota Polisi yang sangat dermawan mau menyisihkan gajinya untuk membantu para anak jalanan itu,” ujarnya.

Iksan berharap kepada Pemkot Kendari, Dinsos Kendari, Dinsos Sultra dan lainnya untuk hadir memberikan solusi tentang masa depan para anak jalanan tersebut. (din)

  • Bagikan