Tahun ini, IAIN Kendari Terima 250 Mahasiswa Penerima KIP Kuliah

  • Bagikan
Saat Rektor IAIN Kendari menguji salah satu calon penerima beasiswa KIP Kuliah. (FOTO:SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menerima sebanyak 250 penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2023. Sebelumnya, kampus keagamaan islam negeri itu telah mengadakan tes wawancara kepada calon penerima beasiswa KIP Kuliah pada 9 Oktober 2023 lalu.

Rektor IAIN Kendari Dr Husain Insawan menuturkan pelaksanaan seleksi mengacu pada Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor  6312 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Program KIP Perguruan Tinggi Keagamaan tahun anggaran 2023.

Rektor melanjutkan KIP kuliah merupakan bantuan dari pemerintah sehingga perlu dikelola dengan baik dan tepat guna untuk menjamin keberlangsungan studi mahasiswa penerima KIP hingga selesai dengan tepat waktu. 

“Bagi mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi diharapkan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai penerima KIP sesuai yang dipersyaratkan. Selalu menjaga adab, berakhlakul karimah, bersikap moderat,” katanya, pada Kamis (12/10).

Rektor juga menambahkan bagi mahasiswa yang mendapatkan KIP kuliah tersebut ke depan bisa berkontribusi kepada kampus IAIN Kendari melalui prestasi Akademik Maupun Non Akademik.

Sementara itu, Wakil Rektor III Dr St Fauziah menambahkan, dalam kuota KIP 2023 diterima 250 penerima beasiswa. Peserta seleksi diuji terkait wawasan kebangsaan, wawasan keislaman, wawasan akademik dan kemampuan baca tulis Alquran.

“Sebelum mengikuti tes wawancara, peserta telah melalui tahapan seleksi administrasi yang dilakukan secara ketat  disertai dengan survey faktual ke rumah orang tua calon penerima KIP untuk memastikan mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa KIP Kuliah telah memenuhi syarat,” pungkasnya. (din/r2)

  • Bagikan