IAIN Kendari Sediakan 2.500 Kuota Mahasiswa Baru

  • Bagikan
Gedung Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari (FOTO:SRI/BKK)

KENDARI, BKK- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan kuota mahasiswa baru sebanyak 2.500 di tahun 2024.

Wakil Rektor I IAIN Kendari, Jumarddin La Fua mengatakan pendaftaran untuk jalur SPAN-PTKIN telah dibuka sejak 22 Januari 2024.

“Kuota ini terbagi pada tiga jalur seleksi, yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Ujian Mandiri Lokal (UML),” terang Jumarddin. (27/1).

Untuk jalur UM-PTKIN akan dibuka pada 6 Mei hingga 15 Juli 2024. Kemudian untuk jalur Ujian Mandiri Lokal pendaftarannya masih disesuaikan dengan jadwal yang telah disusun, jaraknya tidak jauh setelah pelaksanaan UM-PTKIN.

Tahun 2024, IAIN mengusulkan kuota untuk SPAN-PTKIN sekitar 25 persen, UM-PTKIN 50 persen, dan jalur mandiri 25 persen.

“Jadi, beberapa faktor yang dilihat dalam kelulusan jalur SPAN-PTKIN yakni nilai raport, prestasi akademik dan kegiatan ekstrakulikuler yang diikuti,” lanjutnya.

Disebutkan, kegiatan ekstrakulikuler ini akan menjadi poin tambah bagi mahasiswa yang tidak memiliki prestasi akademik. (m2/r2)

  • Bagikan