Daftar Penjaringan Cabup Mubar di PDIP, Darwin Didampingi 7 Pimpinan Parpol

  • Bagikan

Ketua DPC PDIP Muna Barat Mahmud Muhammad menerima berkas pendaftaran La Ode Darwin. (FOTO: IST)

LAWORO, BKK- La Ode Darwin resmi mengembalikan berkas pendaftaran sebagai Calon Bupati Muna Barat di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Senin (15/4) sekira pukul 11.00 Wita.

Darwin diantar ribuan pendukung disertai parade budaya, yaitu Silat Muna, Reog, Kuda Lumping, dan Baleganjur.

Selain itu, Darwin juga dikawal 7 pimpinan partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Muna Barat.

Adalah Ketua Partai Golkar Uking Djassa, Ketua Partai NasDem La Insafu, Ketua Partai Demokrat Agung Darma, Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) La Ode Amin, Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rahman, Ketua Partai Gerindra Nawaji, dan Ketua Partai Bulan Bintang (PBB) Gamal.

Ribuan pendukung berkumpul sejak pagi hari di kediaman Darwin yang beralamat di Jalan Sultan Agung, Desa Wapae Jaya, Kecamatan Tiworo Tengah, Muna Barat.

Lalu para pendukung berjalan kaki bersama Darwin menuju posko pendaftaran PDIP yang berjarak sekitar 700 meter.

Sebelum bertandang ke posko pendaftaran PDIP, 7 pimpinan parpol masing-masing menyatakan komitmennya di depan ribuan masyarakat bahwa akan berjuang bersama untuk mengantarkan Darwin sebagai Bupati Muna Barat periode 2024-2029. Disusul dengan orasi Darwin.

“Kita ini sudah siap bertarung dengan 7 partai dengan perolehan 15 kursi di DPRD Muna Barat,” ujar Darwin dalam orasinya di depan ribuan pendukungnya.

Darwin berharap, PDIP juga bisa bergabung bersama 7 partai lainnya, agar Pilkada Muna Barat berjalan riang gembira, tanpa ada perselisihan sesama masyarakat hanya karena perbedaan dukungan.

“Kenapa harus semua partai yang memiliki kursi mendukung kita? agar tidak ada konflik di masyarakat karena pilkada. Sehingga ketika menjadi bupati maka tidak lagi fokus menyelesaikan konflik di masyarakat, tapi kita fokus membangun,” kata pria yang beken disapa DW ini.

Di tempat yang sama, Ketua Partai NasDem La Insafu menegaskan, tidak ada calon yang didukung partainya, selain La Ode Darwin.

“Selama ini ada yang mengklaim NasDem akan mendukung calon lain. Saya tegaskan di sini, kami Partai NasDem komitmen mendukung bapak La Ode Darwin,” katanya.

La Insafu menambahkan, dukungan NasDem kepada Darwin sudah terkonsolidasi mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga DPP.

Sementara, Ketua Partai Golkar Uking Djassa mengatakan, saat ini sudah ada 7 parpol yang bersepakat mendukung Darwin. Dia berharap PDIP ikut bergabung.

“Kita tujuh parpol sudah sepakat mendukung bapak La Ode Darwin. Untuk bulat seperti bola pimpong maka kita mendaftar ke PDIP untuk menggatt suara secara bulat. Kalau PDIP memberi dukungan maka akan melawan kotak kosong,” kata Uking, yang tidak lain Wakil Ketua DPRD Muna Barat.

Ketua PKB La Ode Amin menyampaikan, kehadirannya ini untuk membuktikan bahwa partainya sudah menjatuhkan pilihan mendukung La Ode Darwin.

“Kita juga PKB akan mendukung 100 persen bapak La Ode Darwin untuk menjadi bupati. Semoga bapak La Ode Darwin menjadi Bupati Muna Barat,” katanya.

Hal senada dikatakan Ketua Partai Demokrat Muna Barat Agung Darma, Ketua Gerindra Muna Barat Nawaji, Ketua PPP Rahman, dan Ketua PBB Gamal.

Usai berorasi, Darwin bersama rombongan menuju ke posko pendaftaran PDIP. Di sana, Darwin disambut hangat Ketua DPC PDIP Muna Barat Mahmud Muhammad, berikut dengan beberapa pengurus lain.

Mahmud menuturkan, sejauh ini baru La Ode Darwin yang serius mendaftar sebagai Calon Bupati Muna Barat di PDIP. Hal ini dibuktikan dengan pengembalian berkas yang sudah diambil pekan lalu.

“Sudah ada beberapa nama yang mengambil formulir pendaftaran, tapi baru bapak La Ode Darwin yang serius mengembalikan berkas pendaftaran. Pendaftaran akan kita tutup 20 April 2024,” ujar Mahmud.

Sekedar informasi, berdasarkan hasil pileg 2024, ada 8 parpol yang menembus kursi parlemen Muna Barat. Yaitu PDIP 5 kursi.

Lalu, Golkar, NasDem, PKB, dan Demokrat memiliki masing-masing 3 kursi. Kemudian, Gerindra, PPP, dan PBB memiliki masing-masing 1 kursi. (k2/nir)

  • Bagikan