Bakal Buka Pelatihan Pertambangan, BPVP Kendari Terima 7 Alat Berat dari PT. VDNI

  • Bagikan
Perwakilan PT VDNI (kiri) saat menyerahkan sertifikat kepada Kepala BPVP Kendari (kanan), (FOTO: HUMAS BPVP Kendari)

KENDARI, BKK – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari menerima hibah tujuh alat berat dari PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) yang beroperasi di Morosi Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).


Bantuan alat berat yang diterima BPVP Kendari ditaksir bernilai Rp9,35 miliar yang akan di pakai sebagai alat pelatihan di BPVP Kendari.


Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu, (1/2) mengatakan, 7 unit alat berat yang akan diterima BPVP Kendari rencananya akan tiba pada Februari 2023.


Adapun alat berat yang akan diterima adalah, 1 unit mesin otomotif alat berat, 1 unit excavator, 1 unit forklift, 1 unit loader, 1 unit dump truck, 1 unit hoist crane, dan 1 unit mobile crane.


“Semua alat berat ini merupakan jenis alat berat yang kerap digunakan di perusahaan-perusahaan tambang. Alhamdulillah, kita bisa dapatkan bantuan ini, apalagi untuk nilainya cukup fantastis, dimana jika ditotal secara keseluruhan mencapai Rp9,35 miliar,” kata Polondu.


Lanjut Polondu, dengan tersedianya alat berat tersebut, pihaknya akan segera membuka pelatihan pertambangan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja kompeten, berdaya saing dan siap pakai pada bidang pertambangan.


“Jika tidak ada kendala, Insya Allah akhir Februari alatnya sudah siap untuk diserahkan kepada kami dan kami telah berkoordinasi dengan Pak Dirjen Binalavotas Kemnaker RI terkait permintaan bantuan instruktur sehingga paket pelatihan bisa segera dibuka,” bebernya.


Diketahui, bantuan 7 alat berat, setelah pihak PT VDNI melayangkan surat bantuan alat berat tertanggal 24 Januari 2023 dengan Nomor Surat 027/U/VDNI/I/2023 yang ditujukan pada Direktur Jendral Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Dirjen Binalavotas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) Budi Hartawan.


Bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi BPVP Kendari, khususnya Kemnaker RI dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk melatih serta mendidik masyarakat Sultra dalam menyiapkan tenaga kerja lokal yang terampil dan kompeten sesuai kebutuhan pasar kerja. (r1)

  • Bagikan