UM Kendari Kembali Jadi PTS Terbaik di Sultra

  • Bagikan

Gedung UM Kendari. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari kembali menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) nomor satu di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT) Webometrics Ranking of World Universities pada Januari 2024.

UM Kendari menempati peringkat ke-125 nasional bersanding dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan menempati peringkat ke-5838 dari sebelas ribu universitas di dunia.

Pemeringkatan ini menunjukkan pencapaian gemilang ini mencerminkan dedikasi dan komitmen UM Kendari dalam mengembangkan kualitas pendidikan, riset, dan layanan kepada masyarakat.

Direktur Sistem dan Teknologi Informasi, Ir Muhammad Dikman Maheng, ST MSc, dalam wawancaranya mengatakan, peringkat ini adalah hasil kerja dari seluruh Sivitas Akademika.

Pihaknya disini, sambungnya, hanya lebih memberikan arahan kebijakan kepada rektor tentang bagaimana transformasi digital di UM Kendari.

Kemudian juga memberikan arahan teknis dan mengawal kemampuan teknis untuk digitalisasi di UM Kendari.

“Webometrics ini adalah perangkat penilaian, tahun lalu kita masih berada di peringkat lima ratus keatas dan target kami di tahun 2023 adalah masuk di 300 ratus besar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia, dengan dukungan dan kebijakan yang telah dilakukan UM Kendari, seperti kewajiban dosen untuk melakukan upload materi perkuliahan di Elearning UM Kendari (Elumak) yang tentunya meningkatkan traffic dan transfer data kita,” ujarnya, Kamis (1/2).

Untuk target di tahun 2027, UM Kendari dapat masuk dalam jajaran 100 besar Perguruan Tinggi terbaik Nasional, dan sepuluh besar PTMA.

Ini sejalan dengan tujuan utama UM Kendari adalah bagaimana pelayanan internal dapat mendukung peningkatan kualitas, branding UM Kendari yang mengusung tagline Virtual Islamic University.

“Dengan adanya webometrics ini masyarakat dapat melihat bahwa UM Kendari memang diakui secara internasional dari segi digitalisasi berdasarkan parameter yang dimiliki webometrics,” terangnya.

Sebagai informasi, Webometrics Ranking of World Universities merupakan sistem pemeringkatan universitas yang dinilai berdasarkan pada Visibility, Transparency (Openness), dan Excellence (Scholar).

Perlu diketahui bahwa pemeringkatan ini tidak hanya mengevaluasi situs web, desain web, kegunaan web, atau popularitas kontennya berdasarkan jumlah kunjungan atau pengunjung.

Lebih dari itu tujuan pemeringkatan ini adalah mendukung akses informasi terbuka (khususnya ilmu pengetahuan) yang dihasilkan oleh perguruan tinggi pada masyarakat luas. (din/r2)

  • Bagikan