Sudah 700 Pendaftar SNPDB MAN IC Kendari, Kuota Disiapkan 120 Siswa Baru

  • Bagikan

Gedung MAN IC Kendari. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Lebih dari 700 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) sederajat memperebutkan 120 kursi pada Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) tahun 2024.1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Kendari.

Diketahui, MAN IC Kendari merupakan salah satu madrasah yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki tujuan mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kepala MAN IC Kendari H Muhammad Naim menyampaikan dalam upaya menjamin mutu penyelenggaraan MAN IC, maka Kementerian Agama menerapkan sistem SNPDB sebagai salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, bakat skolastik, kepribadian, dan kesehatan sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama.

Tes akademik yang meliputi kompetensi bidang Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan PAI.

Melalui SNPDB MAN IC juga diharapkan mampu menjaring peserta didik yang memiliki potensi melalui indikator tes bakat skolastik yang meliputi tes kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif/numerik, dan kemampuan logika/penalaran. 

Sementara tes kepribadian adalah instrumen yang dilakukan untuk mengukur ciri-ciri emosi, motivasi antarpribadi, dan sikap, yang dibedakan dengan tes kemampuan/intelegensi.

Pelaksanaan SNPDB tahun 2024 merupakan tahun kesembilan bagi MAN Insan Cendekia Kota Kendari.

MAN IC Kendari juga gencar melakukan sosialisasi SNPDB baik di lingkup Kendari maupun pada beberapa Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Sultra.

“Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kerja keras dari seluruh panitia dan tim sosialisasi baik dari lingkup MAN IC Kendari maupun dari pihak kanwil yang telah memberikan suport atas terlaksananya kegiatan sosialisasi SNPDB tahun pelajaran 2024/2025. Pengumuman peserta CBT yang dilakukan 20 Februari 2024, dari 425 siswa pilihan pertama ditetapkan sebanyak 389 siswa yang dinyatakan lulus CBT dan 36 orang dinyatakan tidak lulus berkas karena tidak memenuhi syarat pendaftaran,” ujarnya, Kamis (22/2).

Adapun pelaksanaan CBT yang akan berlangsung pada 2 hingga 3 Maret 2024 tersebar pada 6 titik lokasi yaitu, MAN IC Kendari, MAN 1 Baubau, MTsN 1 Kolaka Utara, MTsN 1 Buteng, MTsN 1 Muna, dan MTsN 1 Wakatobi. Untuk pelaksanaan Uji Coba Tes (Simulai CBT) akan dilaksanakan pada tanggal 29 Februari hingga 01 Maret 2024 di lokasi pelaksanaan CBT.

Sementara untuk mengetahui lokasi pelaksanaan tes bagi setiap peserta tes dapat melihat pada akun masing-masing peserta yang telah dibuat pada saat proses pendaftaran. Terkait dengan pelaksanaan tes SNPDB yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 3 Maret 2024.

“Terpenting yang harus dipersiapkan dan dimiliki serta dipegang teguh oleh calon peserta SNPDB adalah niat dan kesungguhan. Selain itu, seperti pada pelaksanaan tes-tes yang lain, tentunya membutuhkan wawasan bagi para calon peserta yang akan mengikuti seleksi,” ucapnya.

Menurut Naim, seseorang yang akan menghadapi tes potensi belajar itu harus berada dalam kondisi yang fresh, tidak mengantuk, tidak dalam masalah, ataupun tidak dalam kondisi sakit.

Jadi yang terpenting, dia harus dalam kondisi bugar. Sementara, untuk pelaksanaan tes akademik dalam bentuk matematika dan literasi, selain wawasan yang telah dimiliki oleh calon peserta seleksi, juga perlu ditingkatkan kesiapannya dengan memperbanyak latihan.

Tes penalaran Matematika, konsep utamanya tidak sekadar terampil dalam berhitung, tetapi juga harus terampil dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan perhitungan.

“Sementara, untuk tes dalam bentuk literasi diperlukan kemampuan dan keterampilan dalam membaca dengan baik sehingga mampu membaca data yang dimunculkan dalam bentuk narasi, wacana, atau dalam bentuk gambar maupun angka,” ujarnya

“Oleh karena itu, kebugaran dan kesehatan sangat diperlukan bagi seseorang yang akan menjalani tes seperti ini,”tutup Naim.

Diketahui, sebelumnya jadwal pendaftaran SNPDB tahun pelajaran 2024/2025 yang telah berlangsung secara nasional sejak 8 Januari – 17 Februari 2024, secara keseluruhan jumlah calon peserta yang mendaftar di MAN IC tercatat 701 peserta yang terdiri atas 425 calon peserta yang menjadikan MAN IC Kendari sebagai pilihan 1 dan 276 calon peserta yang menjadikan MAN IC Kendari sebagai pilihan ke- 2.

Jumlah pendaftar tersebut meningkat dibanding pada pelaksanaan SNPDB tahun 2023 yang berjumlah 516 peserta. (din/r2)

  • Bagikan