Pekan Depan, Pemkab Muna Tertibkan Penjual Buah yang Gunakan Badan Jalan

  • Bagikan

Inilah tenda penjual buah yang berjualan di bahu jalan raya di sepanjang jalan di pasar Laino Raha.

RAHA,BKK – Pekan depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna akan menertibkan penjual buah yang menggunakan badan jalan sepanjang jalan di Pasar Laino Raha.


“Masyarakat mengeluh, akses jalan di sepanjang jalan di Pasar Laino Raha sudah sempit dan rawan baku tabrak kendaraan. Para pedagang buah berjualan sampai di bahu jalan bahkan di tempat-tempat yang dilarang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna,” keluh warga Kota Raha Dandi dan Ahmad.


Dia mengaku, tidak bisa lagi orang mau lewat dan parkir kalau mau belanja, mereka tutupmi bahu jalan. Harusnya Pemkab Muna segera menertibkan para penjual ini, karena mengganggu kelancaran berlalu lintas dan rawan kecelakaan, terlebih Ramadan dan Idulfitri nanti.


Terpisah, Kadis Perdaging Kabupaten Muna Hardani Muuri SE MSi saat dikonformasi hal ini, Rabu (6/3) mengatakan, Dinas Perdagin Muna akan menertibkan para penjual buah dan pedagang lainnya, khususnya yang berjualan di bahu jalan di sepanjang jalan Pasar Laino Raha.


“Awalnya kira jadwalkan besok (hari ini, red), tapi kita tunda hingga pekan depan. Karena mereka akan kita tertibkan berbarengan dengan para penjual ikan juga. Kita sudah imbau semua pedagang buah dan pedagang lainnya yang berjualan di bahu jalan sepanjang jalan Pasar Laino Raha, bahkan sampai di jalan raya, agar tidak lagi berjualan di bahu jalan raya. Kita sudah siapkan mereka tempat di belakang tidak di bahu jalan raya begitu seperti saat ini,” paparnya.


Dia mengaku, bahwa imbauan secara lisan sudah setiap hari dilakukan. Tapi tetap tidak diindahkan, dan kini Perdagin Muna kembali mengimbau secara tertulis dalam bentuk pengumuman yang dibagikan ke setiap pedagang buah dan pedagang lainnya yang berjualan di bahu jalan.


“Kalau imbauan secara lisan, tiap hari kami lakukan. Kini kami susul dengan pengumuman secara tertulis kepada mereka, agar mereka bersiap-siap, karena pekan depan kami akan turun menertibkan mereka secara terpadu, termasuk pada penjual ikan,” tuntasnya. (tri/nir)

  • Bagikan