Jaringan Seluler Kerap Rusak, Sekab Butur Temui Pimpinan Telkomsel

  • Bagikan

Sekab Butur Hardhy Muslim menemui Pimpinan Telkomsel Cabang Baubau menyampaikan kerap terjadinya gangguan jaringan Telkomsel di wilayah Butur.

BURANGA, BKK – Akibat jaringan seluler di Kabupaten Buton Utara (Butur) kerap mengalami gangguan, Sekretaris Kabupaten (Sekab) se tempat Muh. Hardhy Muslim, bertandang di Kantor Telkomsel Cabang Baubau, akhir pekan kemarin. Kunjungan jenderal ASN Butur ini diterima Pimpinan Cabang Telkomsel Baubau, Arwadin.

Dalam kunjungannya itu, Hardhy menyampaikan keluhan masyarakat terkait gangguan sinyal telepon seluler. Warga Butur yang hanya menggunakan satu provider komunikasi, khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Kulisusu, kesulitan berkomunikasi karena sinyal sering hilang.

Hardhy Muslim menyebutkan, gangguan sinyal tersebut bukan hanya masyarakat yang merasakan kesulitan berkomunikasi, akan tetapi berdampak juga pada pelayanan di lingkungan pemerintah daerah setempat.

“Saat mengikuti zoom meeting dengan pemerintah provinsi ataupun dengan Kementerian, tiba-tiba terputus kontak akibat koneksi internet hilang,” keluh Hardhy.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Telkomsel Baubau Arwadin mengatakan, ada 2 faktor utama penyebab jaringan telekomunikasi di Kulisusu terganggu.

Pertama, kata dia, akibat listrik mati, apabila ada pemadaman dari PLN, Telkomsel juga mengalami gangguan, sebab baterai yang digunakan tidak mampu bertahan lama.

“Selain itu, mesin genset terbatas juga, cuma 2 dalam 1 kabupaten, karena tidak semua wilayah di backup oleh genset,” ungkapnya.

Selanjutnya, ada musibah kabel optik yang putus. Karena jarak antara Baubau dengan Kulisusu cukup jauh dan yang terjadi musibah di pertengahan. Misalnya, sebut dia, di wilayah Bonegunu dan sekitarnya, maka teknisinya juga butuh waktu melakukan penanganan.

“Harapannya, semoga musim penghujan cepat selesai, sehingga kondisinya kembali normal lagi tanpa ada pemadaman listrik dan musibah gangguan kabel putus juga tidak terjadi,” tuntasnya. (dar/nir)

  • Bagikan