Pj Bupati Mubar Tinjau SMPN 1 Napano Kusambi yang Kerap Terendam Banjir

  • Bagikan

Pj Bupati Mubar La Ode Butolo saat meninjau SMPN 1 Napano Kusambi.

LAWORO, BKK – Setiap musim penghujan, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Napano Kusambi, Muna Barat (Mubar) kerap dilanda banjir.

Penjabat (Pj) Bupati Mubar La Ode Butolo mengatakan, bahwa ia bersama Kepala BPBD telah turun meninjau langsung ke SMPN 1 Napano Kusambi.

Kata dia, saat kunjungan kondisi air telah surut di pelataran sekolah. Namun ia mengarahkan kepada BPBD untuk membuat saluran pembuangan air menuju ke laut, agar nantinya ketika hujan air tidak tertampung di halaman sekolah.

“Nanti akan dibuat saluran pembuangan air sepanjang 500 meter, untuk mencegah banjir di sekolah tersebut,” ujarnya, Rabu (20/3).

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Napano Kusambi, La Ode Suhaeni mengatakan, keadaan makin parah karena sepekan terakhir ini hujan, hingga air merembes ke dalam ruang belajar.

Suhaeni mengatakan, akibat banjir tersebut, ada 3 ruang kelas yang terendam banjir. Puncak yang paling parah, pada Rabu (13/3) lalu.

“Biasanya kalau hujan tidak berkepanjangan, air hanya sebatas lutut orang dewasa,” ujarnya.

Banjir di sekolah tersebut berasal dari rawa yang berada di samping sekolah, sehingga jika curah hujan tinggi atau rendah, air tetap akan mengalir ke halaman sekolah, apalagi kondisi sekolah berada di dataran rendah.

Tak lupa, Suhaeni menyampaikan apresiasinya terhadap langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mubar, dalam mengatasi persoalan banjir yang selalu menjadi keluhan tiap tahun ketika musim penghujan tiba. (k2/nir)

  • Bagikan