Sukanto: Bulan Ramadan Momentum Memperbaiki Diri

  • Bagikan

Pj Bupati Kolut Dr Ir Sukanto Toding, saat membawah ceramah. (FOTO: MANSIRAL/BERITA KOTA KENDARI)

LASUSUA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut), mulai mengelar Safari Ramadan 1445 Hijriah Tahun 2024, Selasa (19/3).

Penjabat (Pj) Bupati Kolut, Dr. Sukanto Toding, memulai Safari Ramadan perdana di Kecamatan Pakue Tengah. Selain menjadi penceramah dan membagikan zakat profesi Aparatur Sipil Negeri (ASN) Kolut yang dikumpulkan selama 1 tahun.

“Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk merefleksikan diri dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Menjadi momentum memperbaiki diri atau introspeksi diri,” kata Sukanto saat memberikan ceramah disalah satu masjid di Pakue Tengah.

Menurut Sukanto, ramadan bukan hanya menahan lapar, haus dan ibadah lainya. Namun ramadan harus menjadi barometer perubahan diri yang lebih baik dalam kehidupan bermasyarakat.

“Meningkatkan kualitas ibadah, seperti salat yang harus tepat waktu, memahami secara mendalam makna dibalik salat, bertutur kata yang baik, jujur dan prilaku yang lain mencerminkan ramadan yang sesungguhnya,” ujarnya.

“Ramadan bulan yang sangat mulia, bulan dimana Allah SWT membuka pintu rahmat, dimana setiap ibadah yang dikerjakan sangat tinggi nilainya disisi Allah SWT,” tambahnya.

Ramadan ini, lanjut dia, juga menjadi tempat untuk mengukur kemajuan diri dalam beribadah pada Allah SWT. Melakukan perubahan yang positif dalam ibadah dan perilaku sehari-hari.

“Safari Ramadan menjadi momen penting untuk meningkatkan spiritualitas dan kualitas kehidupan. Akan terjadi transformasi positif dalam diri setiap individu kalau Ramadan ini dijaga kemurniannya,” paparnya.

“Dengan kesadaran akan pentingnya meningkatkan kualitas ibadah, terutama di Bulan Ramadan ini, setiap individu meraih keberkahan dan keberlimpahan kebaikan dan rahmat,” tutur Sukanto Toding. (ral/nir)

  • Bagikan