Pemkot Raih Penghargaan Adipura ke-11 Bidang Lingkungan

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu saat menerima penghargaan Adipura oleh Kementerian Lingkungan Hidup

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari berhasil meraih penghargaan Adipura ke 11 tahun 2022 bidang lingkungan sebagai Kota sedang.

Penghargaan tersebut merupakan Adipura pertama pasca pandemi Covid-19 dari Pemerintah pusat.

Pejabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Selasa (28/2) mengatakan, penghargaan adipura sebagai upaya mendorong pemerintah daerah dalam membangun keaktifan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kota dengan lingkungan yang bersih.

“Semoga penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu semangat bersama dengan semakin meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kebersihan untuk mewujudkan Kota Kendari yang bersih,” ungkap Asmawa.

Asmawa membeberkan, parameter keberhasilan raihan dipura dilihat dari kebijakan, output program, dan dukungan anggaran dengan pemanfaatan secara optimal serta meningkatnya peran dan tanggung jawab masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masing-masing.

Dan juga, capaian penghargaan tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi seluruh stakeholders yang ada di Kota Kendari dalam mewujudkan kebersihan lingkungan secara menyeluruh.

“Terimakasih kepada seluruh warga kota, aparat pemerintah, jajaran forkopimda serta pihak-pihak terkait lainnya yang telah peduli dan berkontribusi dalam pengelolaan kebersihan di Kota Kendari selama ini,” ujarnya.

Secara khusus, lanjut Asmawa, bahwa penghargaan Adipura didedikasikan kepada Petugas Kebersihan yang telah bekerja keras sehingga Kota Kendari dinilai layak sebagai kategori kota Sedang dalam manajemen pengelolaan kebersihan.” bebernya.

Diketahui penghargaan adipura diberikan kepada 258 Kabupaten/Kota se Indonesia, atau 50,2% dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. Adapun hasilnya adalah, kategori adipura kencana untuk 5 kabupaten/kota.
Kategori adipura untuk 80 kabupaten/kota, sertifikat Aladipura untuk 61 kabupaten/kota sebagai upaya pengelolaan samah dan sumbernya dengan baik.

Kemudian, plakat untuk 4 kabupaten/kota, lokasi tematik dengan kondisi pengelolaan samah terbaik di kabupaten/kota. (r1/c/nan)

  • Bagikan