Astra Motor Berikan Cara Teknik Pengereman yang Baik dan Benar

  • Bagikan

Suasana kegiatan sosialisasi Astra Motor. (FOTO:IST)

KENDARI, BKK – Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon membagikan tips pengereman yang baik dan benar sebagai upaya memperkuat kemampuan safety riding pengendara sepeda motor.

Dijelaskan, rem atau brake menjadi salah satu komponen paling penting dalam sepeda motor. Pengendara harus memastikan rem depan maupun rem belakang berfungsi dengan baik.

Selain memastikan rem dalam kondisi baik, pengendara juga perlu menguasai teknik pengereman yang baik dan benar.

Instruktur Safety Riding Asmo Sulsel Wanny membeberkan empat langkah yang mesti diperhatikan pengendara sepeda motor manual kopling dalam melakukan pengereman. Pertama, tutup putaran gas dengan cara didorong.

“Kemudian, tarik tuas rem depan dan injak pedal rem belakang. Setelah itu, tarik tuas kopling dan langsung turunkan kaki kiri. Ini merupakan teknik pengereman yang baik dan benar untuk sepeda motor kopling,” ungkapnya, Selasa (5/3).

Sedangkan, pengereman yang baik dan benar untuk sepeda motor manual matik, kata Wanny, ada tiga langkah. Pertama, tutup putaran gas dengan cara didorong, tarik tuas rem depan belakang secara bersamaan, dan turunkan kaki kiri.

“Pengereman kombinasi lebih efektif karena mengombinasikan rem depan dan belakang sesuai kondisi dan situasi,” tuturnya.

Selain itu, Wanny juga menegaskan bahwa keselamatan berkendara menjadi hal paling krusial saat mengaspal di jalan raya dengan sepeda motor.

Ada berbagai macam peraturan yang harus dipatuhi. Ada juga perlengkapan safety riding, seperti helm, sepatu, jaket, dan lain-lain, yang harus digunakan.

Penerapan safety riding yang baik akan membuat pengendara merasa aman dan nyaman selama berkendara. Selain melindungi diri sendiri, penerapan safety riding dapat melindungi pengendara lain di jalan raya.

“Mari terapkan safety riding dengan baik dan benar selama berkendara di jalan raya. Keselamatan dan kenyamanan adalah hal penting yang mesti dipenuhi oleh semua pengendara,” tutupnya. (r5/r2)

  • Bagikan