Peduli Sesama, Pertamina Sulawesi Laksanakan Donor Darah

  • Bagikan

Suasana kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Pertamina. (FOTO:IST)

KENDARI, BKK– PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi menggelar kegiatan donor darah yang dirangkaikan dengan kegiatan VCT HIV/AIDS di Kantor Unit PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi.

Area Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menyampaikan bahwa selain donor darah, dilaksanakan pula VCT HIV/AIDS yang merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi dini dan mencegah penularan HIV/AIDS.

“Deteksi VCT HIV/AIDS ini dilakukan perusahaan guna menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan terjaga dari HIV/AIDS karena SDM yang Unggul harus dibarengi dengan kesehatan yang baik,” ungkapnya, Sabtu (9/3).

Dijelaskan, kegiatan donor ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan pada tahun 2024. Besarnya antusias dari Perwira dan TAD Pertamina Sulawesi untuk mengikuti kegiatan ini menunjukkan bahwa SDM di PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi memiliki kepedulian yang besar terhadap sesama dan diri sendiri.

Dia menuturkan, dalam acara donor darah sebanyak 642 orang pendaftar yang terdiri dari Perwira dan Tenaga Alih Daya (TAD) ingin mendonorkan darahnya.

“Jumlah ini melampaui jumlah pada saat dilakukan pendataan awal calon pendonor. Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, dengan sangat terpaksa ada beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis,” ucapnya.

Dia menambahkan, penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah, dan ada peserta yang masih masa menyusui.

Dari hasil skrining diperoleh 552 peserta yang memenuhi syarat sebagai pendonor.

“Semoga semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaat dari donor darah ini, dan semakin banyak pula yang sadar untuk mau mendonorkan darahnya,” tutupnya. (r5/r2)

  • Bagikan