Investor Muda Kuasai Pasar Saham di Sultra

  • Bagikan

Ricky.

KENDARI, BKK- Generasi milenial menguasai pasar saham di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berjumlah 8.384 atau 65% dari total investor.

Hal itu diungkapkan Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Sultra, Ricky, Sabtu (15/1). Kata dia, pertumbuhan kumulatif investor muda di Sultra yang berusia 18-25 tahun meningkat.

“Ini merupakan tren yang baik dan diharapkan ke depannya investor muda dapat terus meningkat dan meluas guna meningkatkan literasi, edukasi, dan partisipasi generasi muda terhadap pasar modal di Sultra,” ujar Ricky.

Ricky menuturkan, pertumbuhan investor ini melebihi pertumbuhan 3 tahun terakhir jika dijumlahkan. Untuk investor pasar modal misalnya, jumlahnya meningkat tiga kali sejak tahun 2018.

“Alhamdulillah berkat kemajuan teknologi sehingga perkembangan investor muda meningkat pesat sekali,” ucapnya.

Ia menambahkan, peningkatan jumlah investor muda termasuk dengan aktivitas investor ritel merupakan buah kerja keras BEI yang terus-menerus melakukan sosialisasi, edukasi, dan literasi kepada masyarakat.

“Selama pandemi Covid-19, BEI melakukan sosialisasi dengan layanan publik secara online dan offline,” cetusnya.

Menurutnya, ada beberapa indikator yang turut mendorong peningkatan investor muda di Sultra yaitu galeri investasi yang turut meningkatkan awareness dan literasi terkait pasar modal di lingkungan perguruan tinggi atau sekolah dan masyarakat sekitar.

Kemudian, indikator lainnya yaitu peluang investasi yang cukup baik di pasar modal, sebagai informasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 10,08% (year on year).

“Mudahnya berinvestasi di pasar modal, cukup mempunyai kartu tanda penduduk (KTP) dan Buku Tabungan. Masyarakat sudah dapat berinvestasi di pasar modal, pembukaan rekening sahampun dapat dilakukan secara online,” tandasnya. (cr4/nan)

  • Bagikan