Ungguli Ratusan Kampus, UHO Peringkat 32 di Indonesia Versi Webometrics Ranking of World Universities

  • Bagikan

Gedung Rektorat. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Universitas Halu Oleo (UHO) mencatat prestasi luar biasa dalam dunia pendidikan tinggi internasional. Peringkat terbaru, berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities yang dikeluarkan Januari 2024, UHO masuk peringkat ke-32 di Indonesia mengungguli ratusan universitas lain.

Diketahui, peringkat atau rangking UHO sebelumnya yakni rangking 43 dari target Indikator Kinerja Utama (IKU) rangking 55 nasional tahun 2023 dan rangking 32 dari target IKU rangking 43 nasional pada tahun 2024.

Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UHO, Dr La Ode Santiaji Bande mengatakan, pencapaian ini juga menjadikan UHO sebagai universitas terbaik di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menariknya, UHO mampu menonjolkan eksistensinya dalam tiga kategori utama Webometrics, yaitu “Impact,” “Openness,” dan “Excellence,” dengan masing-masing peringkat 2.394, 1.850, dan 4.434.

Kata dia, ini menunjukkan bahwa UHO bukan hanya sekadar lembaga pendidikan tinggi, tetapi juga agen perubahan positif dengan keterbukaan dan keunggulan dalam lingkup akademik.

“Saya menyambut gembira berita tersebut, saya juga mengapresiasi kerja keras seluruh civitas akademika UHO yang telah berkontribusi besar terhadap pencapaian ini,” ujarnya, Sabtu (3/2).

Menurutnya, pencapaian ini bukan hanya hasil dari faktor tunggal, melainkan hasil kolaborasi dari kesesuaian program, ketersediaan anggaran, pelaksanaan kegiatan, kerjasama tim, dan dukungan dari semua pihak.

Walau begitu, ia juga mengingatkan bahwa peringkat Webometrics bersifat fluktuatif, dapat berubah seiring waktu, dan perlu upaya terus-menerus untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi tersebut.

Oleh karena itu, ia mendorong semua pihak di UHO untuk terus berupaya meningkatkan peringkat baik di tingkat nasional maupun internasional.

“UHO bersatu-UHO Maju, menjadi panggilan bagi seluruh warga akademika untuk terus bekerja keras dan bersatu demi meraih prestasi yang lebih tinggi di masa depan,” tutupnya.

Selain itu diketahui, berdasarkan hasil peringkat terbaru dari “Webometrics Ranking of World Universities,” yang dikeluarkan Januari 2024, UHO berhasil menduduki peringkat 2.917 secara global.

Dalam konteks regional, UHO menempati posisi ke-907 di kawasan Asia Tenggara. (din/r2)

  • Bagikan