Peringati HAB Kemenag RI ke-77

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Menjelang puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) ke-77 yang jatuh, Rabu 3 Januari 2023, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan upacara dan ziarah serta tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga Kendari, Senin (2/1).


Pada upacara yang dimulai tepat pukul 07.00 wita ini, Kakanwil Kemenag Sultra H Zainal Mustamin bertindak sebagai pembina upacara, dan turut dihadiri seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kanwil Kemenag Sultra, Ketua dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sultra serta purnabakti.


“Kehadiran kita disini secara umum sebagai simbol bahwa kita ingin memberikan penghormatan sekaligus doa kepada pahlawan nasional dan pahlawan lokal, sebagai penghargaan atas atas jasa-jasa dan perjuangan mereka, bagi kemerdekaan Indonesia yang telah membuka jalan bagi pembentukan Departemen Agama, lima bulan setelah Indonesia merdeka, 3 januari 1946,” kata Kakanwil Kemenag Sultra H Zainal Mustamin di TMP Watubangga.


Dikatakan, kehadiran di tempat tersebut pada hari pertama bekerja di bulan Januari 2023, secara khusus sebagai simbol mengenang jasa dan pengorbanan para pendiri awal Departemen Agama atau Kementerian Agama.


“Para pimpinan pejabat dan pegawai di Kemenag yang telah mendahului kita dan berkontribusi besar bagi dinamika kemajuan Kementerian Agama hingga saat ini. Semoga semangat nasionalisme dan spiritualisme para pahlawan mengilhami jalan dan pengabdian panjang kita untuk Kementerian Agama hari ini dan masa-masa yang akan datang,” jelasnya.


Zainal Mustamin bilang, jalan hidup yang diajarkan oleh para pahlawan adalah jalan hidup pengabdian dan pengorbanan. Jalan menuju kemuliaan yang diajarkan Tuhan, adalah jalan hidup mendaki dan penuh tantangan.


“Jalan pengabdian yang di kukuhkan oleh pendiri Kementerian Agama adalah ikhlas beramal dengan amal bakti pelayanan yang berintegritas dan membangun kerukunan umat beragama,” terangnya.


Lebih lanjut, Kakanwil juga menyampaikan arahan khusus bagi seluruh ASN Kemenag Sultra, yakni tepat tanggal 3 Januari yang merupakan puncak HAB ke 77, akan dilakukan upacara sekaligus ramah tamah. Kemudian pada 14 Januari akan dilaksanakan jalan sehat kerukunan, dimana ASN Kanwil dan Kemenag Kota Kendari akan bergabung di Kemenag Kabupaten Konawe.


“Mari kita semarakkan sebagai bukti cinta dan pengabdian kita kepada Kementerian Agama yang kita cintai. Hari ini kita sudah harus memulai untuk melakukan percepatan realisasi anggaran, untuk mewujudkan 70 persen realisasi anggaran di bulan ke tujuh nanti,” tuturnya.


Kakanwil juga meminta seluruh pejabat administrator, PPK dan semua yang terlibat agar bertanggungjawab penuh terhadap RKA-KL dalam rangka percepatan belanja modal, belanja barang, belanja pegawai dan bantuan yang sudah harus dimulai dari sekarang. Semua diharapkan mampu mendukung percepatan dan peningkatan perputaran ekonomi dan daya beli masyarakat serta menekan potensi inflasi daerah.


“Tahun 2023 adalah tahun berprestasi dan berbudaya kerja tinggi. Semua pegawai Kemenag dituntut bekerja cepat, terukur dan bertanggung jawab dalam melayani masyarakat dan memperkuat kerukunan umat beragama,” paparnya. (r4)

  • Bagikan